Gejala Kanker Paru + Infografis

Apa itu kanker paru-paru?

Kanker paru-paru adalah pertumbuhan sel-sel abnormal yang tidak terkendali yang dimulai pada satu atau kedua paru-paru.

Alih-alih berkembang menjadi jaringan paru-paru yang sehat, sel-sel ini membelah dengan cepat dan membentuk tumor. Saat tumor ini tumbuh dan menyebar, tumor akan melemahkan kemampuan paru-paru untuk menyediakan oksigen pada aliran darah.

Namun, tidak semua tumor itu sama.

Tumor yang berada di satu tempat dan tidak menyebar dikenal sebagai “tumor jinak”.

Sementara itu, tumor ganas adalah jenis yang lebih berbahaya. Tumor ganas (kanker) dapat menyebar ke bagian lain dari tubuh, baik melalui aliran darah atau sistem limfatik.

 

Perlindungan terbaik terhadap kanker paru adalah dengan mengetahui penyebab kanker paru-paru dan ciri-ciri kanker paru-paru. Semakin cepat Anda pergi ke dokter dan semakin cepat jenis kanker ini didiagnosis, semakin besar peluang pemulihan dan penyembuhan segera.

 

Jadi di blog anggadewantara.com ini, Anda akan tahu tentang gejala yang harus diwaspadai untuk mengetahui apakah Anda atau anggota keluarga menderita kanker paru.

Gejala awal kanker paru-paru mungkin berupa batuk ringan atau sesak napas, tergantung bagian paru mana yang terkena. Ketika kanker berkembang, gejala-gejala ini dapat menjadi lebih parah atau intens. Seperti banyak jenis kanker lainnya, kanker paru juga dapat menyebabkan gejala sistemik, berikut infografis gejala kanker paru dan penjelasannya :

 .

Gejala Kanker Paru

gambar kanker paru dan infografis gejala kanker paru-paru.

1# Batuk Persisten

Mereka yang menderita kanker paru-paru sering mengalami batuk terus-menerus yang tidak kunjung sembuh. Jika seseorang mengalami batuk berlanjut selama beberapa minggu, tidak membaik dengan pengobatan, atau tampaknya semakin buruk dari waktu ke waktu, mungkin mereka berada pada tahap gejala awal kanker paru-paru.

 .

2# Batuk Disertai Darah

Penderita kanker paru pada umumnya mengalami batuk yang tak kunjung sembuh. Selain dahak, terkadang penderita juga terlihat mengeluarkan bintik- bintik merah pada dahaknya. Apabila semakin berat, maka bintik merah akan semakin banyak. Hal ini adalah gejala kanker paru-paru yang krusial.

 

3# Nyeri Dada

Nyeri dada dapat dikaitkan dengan banyak hal, dan kanker paru-paru adalah salah satunya. Dengan kanker paru-paru, nyeri dada sering memanifestasikan dirinya sebagai sesak yang memburuk setiap kali batuk, tertawa, atau bernafas dalam-dalam.

Nyeri dada khususnya adalah salah satu tanda peringatan pertama dari Small Cell Lung Cancer (SCLS), yang menyumbang lima belas persen dari semua kanker paru-paru.

 

4# Infeksi Terus Menerus

Jika seseorang memiliki kanker paru-paru, penderita lebih rentan terkena bronkitis atau pneumonia. Penderita kanker juga akan mengalami kesulitan melawan infeksi-infeksi tersebut. Penderita mungkin dapat menyingkirkan infeksi akan tetapi dapat kembali lagi hanya dalam waktu singkat.

 

5# Sesak nafas

Tumor paru-paru sering menyumbat saluran udara atau menekannya secara ekstensif. Akibatnya, penderita mungkin mengalami kesulitan bernapas atau menjadi sesak napas bahkan setelah aktivitas sekecil apa pun.

Penumpukan cairan di paru-paru sering menyertai kanker, dan ini bisa membuat pasien sulit bernapas juga. Berhati-hatilah terutama jika Anda sering kehabisan napas tetapi tidak memiliki kondisi mendasar seperti asma.

 

6# Badan Terasa Lemas

Tumor dapat menyebabkan paru-paru Anda bekerja lebih keras dari yang seharusnya. Akibatnya, penderita mungkin mudah lelah, bahkan ketika Anda belum memaksakan diri. Penderita mungkin memiliki sedikit energi untuk melakukan kegiatan sehari-hari dengan, atau merasakan kelemahan yang membuat Anda tidak mau mencoba. Selain itu penderita juga dapat memiliki gejala kanker paru seperti bisa kesulitan berdiri, berjalan, atau memegang benda berat karena otot yang lemah.

 

7# Penurunan Berat Badan

Penderita kanker paru-paru seringkali kehilangan berat badan secara tiba-tiba. Sering kali, mereka kehilangan nafsu makan yang tidak dapat dijelaskan yang disertai penurunan berat badan ini. Faktanya, penurunan berat badan yang tiba-tiba dan tidak dapat dijelaskan adalah tanda dari banyak kanker, termasuk gejala kanker paru-paru.

Jadi, opsi yang terbaik adalah memeriksakan diri apabila Anda tiba-tiba kehilangan berat badan 5 kilogram atau lebih tanpa mencoba diet.

 .

Jika teman-teman menemui gejala di atas, maka segera periksakan diri ke dokter. Gejala-gejala tersebut menandakan adanya gangguan pada fungsi paru.

Deteksi dini sangatlah diperlukan guna meningkatkan peluang kesembuhan dan mempercepat proses pemulihan.

 

. . . Stay Healthy

Leave a Reply