Selamat Yudisium Angkatan 2009 Batch 1 FKUB

Setelah menyelesaikan semua siklus koass, dan telah dinyatakan lulus UKMPPD (Ujian Kompetensi Mahasiswa Program Pendidikan Dokter), yang dulu bernama UKDI, seorang mahasiswa calon dokter diharuskan mengikuti suatup rosesi yang disebut Yudisium. Yudisium berasal dari bahasa Yunani “judicium” atau bahasa Inggrisnya Judgment.

 

Yudisium ini merupakan suatu proses upacara yang dihadiri oleh dekan dan wakil-wakilnya, beserta perwakilan dari RSSA. Para peserta diwajibkan memakai bawahan putih, atasan putih disertai dasi dan jas ub. Hari itu kami diminta berkumpul jam 08.30. Tapi akhirnya molor sampai jam 10.30 . Bahkan kami teman-teman sempat keluar dulu mencari sarapan di luar kampus.

Setelah makan, kami segera meluncur ke Gedung Graha Medika lantai 2 untuk melakukan gladi bersih. Setelah Gladi Bersih, prosesi Yudisium dimulai. Sambutan pertama dilakukan oleh Wakil Direktur RSSA. Disini beliau menyampaikan petuah-petuahnya untuk menjadi seorang dokter yang baik. Sambutan kedua dilakukan oleh Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya.

 

Dalam sambutan ini beliau menyampaikan petuah-petuah dalam menghadapi internship. Beliau juga menyampaikan agar kami para dokter tetap menjaga hubungan baik dengan para dosen di FKUB. Setelah sambutan diberikan, Dekan, direktur dan para dosen lain-lainnya menyalami kami dan memberi selamat pada kami.

 

Acara yudisium telah selesai, dan acara selanjutnya adalah foto-foto bersama. Kami berfoto bersama 1 angkatan.

Yudisium 2009 FKUB

Setelah itu kami berfoto-foto sendiri dan dengan teman-teman. Semuanya berpose di bawah spanduk yudisium. Dan disini keluar sifat narsistikme dari teman-tema. Hahaha

Yudisium FKUB

Setelah puas berfoto-foto ria akhirnya kami pulang ke rumah kami masing-masing. Kami bersyukur karena hari itu kami dinyatakan sebagai seorang dokter, walaupun belum disumpah dokter. Hehehe

Semoga lulusan ini menjadi dokter terbaik yang care terhadap pasien dan mampu menjunjung tinggi harkat martabat seorang dokter.

Leave a Reply