Penyebab Kolesterol Tinggi dan Gejala Penyertanya

Helloo people, satu lagi penyakit yang sering sekali diidap oleh sebagian besar persentasi penduduk Indonesia, yaitu kolesterol. Beberapa anak muda sering kali bilang “nikmatin aja kalee,, santai aja mumpung masih muda.” Banyak anak muda yang berpikir demikian. Mungkin hari ini kita terlihat normal-normal saja karena efeknya belum terlihat. Tetapi kita tidak tahu apa yang akan terjadi di masa mendatang, bukan? ?

Kolesterol salah satu penyakit yang harus dihindari sejak dini, sebelum semuanya terlambat. Tidak keseluruhan kolesterol dalam tubuh itu jahat, gaes.  Adapun kolesterol baik sangat diperlukan tubuh sebagai salah satu penunjang kehidupan sel-sel tubuh. Angka ambang batas tingginya yaitu 200-239 mg/dL. Diatas itu (>240mg/dL) anda sudah termasuk kolesterol tinggi.

So, pastinya jaga selalu kolesterol total Anda kurang dari 200 mg/dL.

Tidak ada salah, ketika kita sangat getol dalam berupaya menjaga kesehatan, dengan kesehatan yang sempurna, beribadah, bersosial, bekerja, beraktivitas apapun akan selalu dalam kenyaman dan kebaikan. Kadar kolesterol tinggi menyebabkan banyak hal akan gangguan kesehatan, seperti serangan jantung, sakit jantung, atapun stroke.

Ketika usia 20 tahun ke atas, maka tidak ada salahnya untuk selalu melakukan pengecekan kesehatan terutama tingkat kolesterol selama 5 tahun sekali. Biasanya tesnya disebut profil lipid. Setidaknya ini sebagai pencegahan penyakit kolesterol.

Setelah melakukan tes ini, ada hasil yaitu sejumlah kolesterol yang terkonsentrasi dalam tubuh yaitu kolesterol LDL, HDL, dan trigliserida. Dimana kolesterol total akan memperlihatkan jumlah 3 komponen diatas dan lipid lainnya.

 

Penyebab Kolesterol Tinggi pada Tubuh Manusia

 

Berikut adalah beberapa penyebab kadar kolesterol tinggi dapat terjadi pada seseorang. Lihatlah apakah anda melakukan beberapa kebiasaan atau penyebab yang lain dibawah ini.

penyebab kolesterol tinggi

#1 Pola Diet

Diet yang buruk adalah faktor risiko utama mengapa banyak orang mengalami kadar kolesterol tinggi. Diet dengan banyak lemak jenuh dan lemak-trans terbukti meningkatkan kadar kolesterol.

Lemak ini dapat ditemukan pada daging olahan, makanan yang digoreng, keju, mentega, dan makanan yang dipanggang secara komersial seperti kue, dan biskuit. Daging merah dan produk susu berlemak tinggi juga harus dikurangi untuk mengontrol asupan kolesterol.

Sebagai tips tambahan, selalu baca label nutrition facts ketika anda berbelanja. Kurangi atau hindari makanan yang mengandung lemak tinggi.

#2 Merokok

Merokok aktif maupun pasif adalah salah satu penyumbang penyebab kolesterol Anda meningkat. Merokok dapat mengurangi kadar HDL atau kolesterol baik Anda dan menyebabkan banyak masalah kesehatan serius seperti kanker, penyakit jantung, penyakit gusi, dan banyak lagi. Perokok berat cenderung memiliki dinding pembuluh darah yang rusak. Hal itu menyebabkan menumpuknya deposit lemak berbahaya.

#3 Kurangnya Aktivitas Fisik

Apakah anda tipe orang yang selalu duduk di sofa selama berjam-jam setiap hari? Sulit bagi Anda untuk mempertahankan kadar kolesterol normal apabila aktivitas fisik anda terlalu rendah. Olahraga teratur berguna untuk meningkatkan HDL atau kolesterol baik Anda dan membuat LDL atau kolesterol jahat menjadi berkurang.

Olahraga juga meningkatkan detak jantung Anda yang menjaga metabolisme tetap berjalan dan membakar kelebihan kalori tersebut. Ingat, semakin aktif secara fisik Anda, semakin kecil kemungkinan Anda menjadi kelebihan berat badan.

#4 Obesitas

Jika anda memiliki indeks massa tubuh yang lebih dari 30, anda dapat dikatakan gemuk. Risiko kolesterol tinggi Anda juga meningkat jika Anda memiliki lingkar pinggang besar 100 ke atas untuk pria, dan 88 cm ke atas untuk wanita.

Obesitas adalah masalah kesehatan yang berkembang karena pola makan yang buruk, kurang olahraga, dan gaya hidup yang tidak sehat.

#5 Penyakit

Penyakit dan kondisi kesehatan lainnya dapat menyebabkan meningkatnya kadar kolesterol. Kita ambil suatu contoh yaitu diabetes. Diabetes dapat meningkatkan kadar gula darah Anda, yang berkontribusi terhadap kolesterol LDL yang lebih tinggi.

Gula darah tinggi berpotensi sangat merusak lapisan arteri. Sehingga penyeakit diabetes merupakan salah satu penyebab kolesterol tinggi.

Penyakit lain yang akan mempengaruhi kadar kolesterol normal Anda adalah hipotiroidisme, penyakit hati, dan penyakit ginjal kronis.

#6 Obat-obatan

Beberapa obat dapat menyebabkan kadar kolesterol meningkat. Obat-obatan seperti beta-blocker, kortikosteroid, anti-depresan, imunosupresan, dan diuretik dapat meningkatkan kadar trigliserida dan menurunkan kolesterol HDL Anda.

Jika Anda mengonsumsi obat-obatan ini, dokter mungkin akan memeriksa kadar kolesterol dan menyesuaikan perawatan anda untuk mempertahankan kadar kolesterol normal.

 

Tidak semua penyebab penyakit kolesterol ini bisa dikontrol, ada pula yang di luar kehendak manusia, semisal keturunan. Ketika lahir dari keluarga dengan silsilah kolesterol tinggi, maka risiko terkena pun sangat tinggi.

Penyebab selanjutnya adalah umur. Dimana usia 20 tahun, rentan mengalami kenaikan kolesterol. Gangguan ini rentan dialami oleh usia 20 tahun sampai lanjut, maka tidak ada salahnya ketika masih berusia sehat dan memiliki kemampuan baik, maka menjaga gaya hidup sehat sangatlah dianjurkan.

 

Maka tidak ada salah ya kita selalu waspada akan penyakit ini, berikut akan saya jelaskan gejala kolesterol yang harus selalu diwaspadai. Apabila anda juga merasakan gejala dibawah ini, maka anda perlu mengecek tingkat kolesterol anda.

 

Gejala Kolesterol Tinggi pada Tubuh

 

1# Seringnya kesemutan

Pembengkakan dan perasaan mati rasa di tungkai adalah salah satu gejala awal dari kolesterol tinggi. Reaksi ini terjadi karena akumulasi lipid mencegah sirkulasi yang baik. Mereka melakukan ini dengan mengurangi pengiriman oksigen dan nutrisi ke otot.

2# Kembung dan Gangguan Pencernaan

Selain kesemutan, kadar kolesterol jahat (LDL) yang tidak terkontrol cenderung menjadi pemicu yang kuat terjadinya gangguan pencernaan dan kembung terus menerus.

Kelebihan lipid dalam darah dan hati mempengaruhi metabolisme dan menganggu sistem pencernaan, terutama ketika makan makanan yang tinggi lemak.

3# Tubuh mengalami lelah berlebih

Merasa lemas, kelelahan dan keinginan untuk tidur pada jam yang tidak biasa biasanya disebabkan oleh:

  • Nutrisi buruk
  • Aktivitas fisik yang berlebih
  • Sebuah penyakit tertentu

Namun sedikit orang yang tahu bahwa gejala ini adalah gejala orang yang memiliki kolesterol tinggi. Mengingat bahwa zat ini terlibat dalam sirkulasi dan oksigenasi sel dalam tubuh kita, masalah fisik seperti kelelahan seringkali terjadi.

4# Kaki Sering Terasa Sakit

Gejala kolesterol yang sangat umum adalah klaudikasio, sejenis nyeri kaki atau ketidaknyamanan. Karena arteri tersumbat,  aliran darah ke kaki tidaklah cukup untuk menggerakkan kaki. Beberapa orang mengatakan kaki mereka terasa “berat” atau lelah, dan mereka juga mengeluhkan rasa sakit seperti terbakar.

Rasa sakit dapat berada di bagian kaki manapun, mulai dari betis sampai ke paha atau pantat, dan mungkin di salah satu atau kedua kaki. Keluhan lainya yang juga terjadi bersamaan dengan ini adalah: rasa sakit terjadi ketika berjalan jarak tertentu (seperti dua blok); membaik dengan istirahat, dan kemudian terasa nyeri apabila berjalan lagi.

5# Impotensi

Hal ini bukanlah kejadian yang sering terjadi, tetapi bisa saja kolesterol tinggi menyebabkan impotensi atau disfungsi ereksi. Didalam tubuh manusia terdapat arteri iliaka interna yang menyediakan suplai darah untuk ereksi. Jika arteri ini tersumbat atau tertutup, maka dapat menyebabkan impotensi.

6# Sering nyeri pada bagian dada

Nyeri dada adalah gejala yang sangat mudah ditemukan. Jika menemukan gejala ini maka lakukan konsultasi ke tenaga medis segera. Meskipun ada banyak penyakit yang berhubungan dengan nyeri dada, sebagian besar kasus memiliki hubungan dengan kolesterol tinggi.

Penumpukan lemak di pembuluh darah arteri membatasi aliran darah, dan karena itu dapat menyebabkan hipertensi.

 

 

Selalu, selalu dan selalu jagalah pola hidup dengan baik dan benar, maka anda tidak akan rugi sama sekali. Karena dengan ini memperpanjang usia dan memberikan banyak kebaikan dan kemanfaatan dalam diri, keluarga, dan masyarakat.

Sekian artikel tentang penyebab kolesterol tinggi yang dapat menyerang kita. Untuk kedepannya, Anda dapat mempergunakan setiap waktu untuk berusaha, antara lain yaitu menjaga kesehatan, menjadikan hidup lebih bermakna, hidup, dan bermakna. Jadikan kehidupan lebih indah, dengan menjalaninya penuh dengan kebaikan dan selalu bermanfaat.

 

Referensi lain : https://www.alodokter.com/

Leave a Reply