Ketahui Apa Saja Penyebab Jerawat yang Sering Muncul

Pernah merasa kesal tidak, sih dengan bintik merah menonjol apalagi di area wajah? Emang betul, jerawat merupakan salah satu kondisi yang tidak menyenangkan terutama untuk kaum hawa.

“Ehh,, lama gak ketemu. . Btw kok km sekarang jerawatan sih?”

Keki dan malu gak sih semisal teman lama menegur pas pertama ketemu kamu ? Rasanya pasti sebel bukan ?

Jerawat bisa menjadi pengganggu kecil yang membuat penampilan jadi kurang sempurna. Jerawat bisa menyerang siapa saja, akan tetapi umumnya jerawat menjadi masalah untuk sebagian besar anak-anak remaja.

 

Tetapi, sebenarnya kenapa jerawat tumbuh dan apa saja sih penyebab terjadinya jerawat? Untuk itu kita harus tahu faktor – faktor penyebab jerawat.  Yuk, baca infografis simak pembahasan dari anggadewantara.com tentang beberapa penyebab jerawat pada pria maupun wanita berikut ini. .

 

Penyebab Jerawat

 

infografis penyebab jerawat

 

Memasuki Masa Puber

Iniah mengapa jerawat terkesan sangat bersahabat dengan anak-anak remaja. Jerawat akan sering muncul pada kulit remaja yang sedang mengalami masa puber. Pada saat anak-anak menginjak masa remaja dan memasuki masa puber, produksi dari sebum akan meningkat. Hal tersebut dikarenakan produksi dari hormon testosteron terjadi secara berlebihan.

Hal ini wajar terjadi pada masa puber. Hanya saja, kelebihan sebum ini bisa membuat kulit menjadi mudah berjerawat.

 

 

Penggunaan Berbagai Alat Make Up

Tidak bisa dipungkiri, make up memang tidak bisa lepas dari perempuan. Hanya saja, ternyata penggunaan make up juga bisa menjadi salah satu penyebab timbulnya jerawat, lho. Produk make-up yang kurang cocok atau yang terlalu banyak mengandung minyak bisa memicu timbulnya jerawat.

Oleh karena itu, sebaiknya pilihlah produk make-up yang memang cocok untuk kulit serta berkonsultasi terlebih dahulu dengan pakar make up sebelum membeli.

 

 

Malas Untuk Mencuci Wajah

Nah, yang satu ini mungkin pernah dialami banyak orang. Rasa malas mencuci wajak bisa membuat kotoran, sisa-sisa paparan sinar matahari, debu, dan minyak menempel dengan nyaman bergitu saja. Jika dibiarkan, maka jangan salahkan jerawat bila sering muncul.

Untuk Anda yang terbiasa beraktivitas di luar ruangan, rajinlah untuk mencuci wajah sebanyak 2 atau 3 kali dalam satu hari untuk mengurangi kadar minyak dan membersihkan kotoran.

 

 

Stres

Stres juga bisa menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat. Umumnya, stres terjadi pada orang-orang yang sudah beranjak dewasa. Berbagai permasalahan, beban kerja, dan hal-hal lainnya dalam hidup bisa saja memicu stres.

Saat seseorang mengalami stres, sebagai bentuk perlindungan diri, tubuh akan mengeluarkan hormon kortisol. Efek sampingnya, pelepasan dari hormon kortisol ini bisa membuat jerawat yang bermunculan semakin banyak.

 

Makanan

Makanan juga bisa menjadi penyebab munculnya jerawat. Bagi seseorang yang rentan tumbuh jerawat pada kulitnya, harus menghindari berbagai jenis makanan penyebab jerawat. Apa saja jenis-jenis makanan tersebut? Berikut uraian makanan penyebab timbulnya jerawat

#1 Gorengan

Kandungan minyak yang tinggi pada gorengan bisa menimbulkan berbagai macam masalah, salah satunya jerawat di kulit.

#2 Makanan siap saji

Jenis makanan ini juga cukup berpengaruh menimbulkan jerawat pada sebagian orang. Makanan cepat saji, seperti burger, nugget, hot dog, kentang goreng, soda dan milkshake, adalah andalan diet khas Barat dan dapat meningkatkan risiko jerawat.
Satu penelitian terhadap lebih dari 5.000 remaja Cina dan dewasa muda menemukan bahwa diet tinggi lemak dikaitkan dengan 43% peningkatan risiko mengembangkan jerawat. Makan makanan cepat saji secara teratur meningkatkan risiko sebesar 17%

#3 Cokelat

Bagi Anda yang sangat mudah berjerawat, sebaiknya menghindari konsumsi cokelat yang berlebih.

Beberapa penelitian mencari tahu hubungan makan cokelat dengan peningkatan risiko pertumbuhan jerawat, tetapi hasil penelitian tersebut tidak cukup untuk membuktikan bahwa cokelat menyebabkan jerawat. Sebenarnya mengapa coklat dapat meningkatkan jerawat tidak jelas, akan tetap satu studi yang dapat membantu menjelaskan temuan ini.

Studi ini menemukan bahwa makan cokelat meningkatkan reaktivitas sistem kekebalan terhadap bakteri penyebab jerawat.

#4 Susu dan produk susu lainnya.

Selain cokelat, susu serta produk-produk turunannya juga bisa meningkatkan kemungkinan munculnya jerawat. Bagi yang rentang berjerawat harap mengurangi konsumsi susu, keju, krim dari susu, dan produk turunan susu lainnya.

 

 

Berbagai penyebab jerawat di atas adalah sebagian kecil dari penyebab-penyebab lainnya. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan menghindari semua penyebab tersebut dan memulai pola hidup yang sehat dengan banyak mengonsumsi produk buah dan sayur, rutin olahraga, rajin membersihkan wajah, dan teliti memilih produk untuk wajah.

 

 

Link referensi lain :

https://www.alodokter.com

https://beauty.popbela.com/

Leave a Reply