Penyebab Diare Akut dan Tips Cara Mengobati

Diare merupakan penyakit yang cukup mengganggu dan membuat orang yang mengalaminya sangat menderita karena rasa perutnya yang sakit. Penyebab penyakit diare bisa dikarenakan pola hidup yang kurang baik.

Orang dewasa memang sering kali makan seenaknya tanpa mengingat penyakit yang menjadi akibatnya. Karena itulah, kita harus mengubah kebiasaan tersebut.

Penyakit diare memang sangat umum terjadi di negara Indonesia. Terbukti di catatan Kemenkes RI pada tahun 2017, terdapat 7 juta kasus masyarakat yang mengalami penyakit diare ini.

Diare atau mencret adalah kondisi tinja yang encer dan ditandai dengan perut terasa sakit dan gejala lainnya. Penyebab mencret harus Anda ketahui agar nanti pada saat Anda sudah sembuh, tidak terulang kembali. Karena itu baca artikel dari anggadewantara.com ini sampai habis ya, gaesss. .

Diare akut adalah diare yang terjadi dalam hitungan hari. Tapi jika berlangsung hingga berminggu-minggu, nantinya Anda bisa terkena diare kronis.

Penyebab diare akut bisa saja terjadi tanpa Anda sadari dan bisa berakibat menjadi penyakit parah untuk Anda. Segera tangani sedini mungkin. Jangan biarkan saja dan menyiksa perut Anda dengan rasa sakit yang menyerang di tengah-tengah kegiatan Anda.

Jangan sepelekan dan harus segera diobati ya, gaess.

 

Penyebab DiareĀ  Akut yang Sering Dialami

Karena orang dewasa sangat tidak menjaga dan sering berhubungan dengan banyak orang, diare bisa disebabkan karena virus yang menyerang ke makanan ataupun minuman yang masuk ke dalam perut.

Biasanya jenis virus tersebut adalah rotavirus dan norovirus. Selain virus, diare ternyata juga disebabkan oleh bakteri seperti Vibrio cholera dan Salmonella sp.

Tidak seperti yang kita duga, selain infeksi yang telah dijelaskan diatas, konsumsi obat-obatan antibiotik tertentu juga akan memicu terjadinya diare. Faktanya, selain membunuh bakteri jahat, obat antibiotik ternyata membunuh bakteri baik yang ada pada sistem pencernaan.

Diare juga bisa dipicu saat Anda telah melakukan perjalanan wisata ke suatu tempat. Biasanya karena makanan lokal yang tidak cocok ataupun air yang terkontaminasi bakteri. Pada orang dewasa, memang makanan apa saja bisa masuk, namun ada pula yang mengalami intoleransi makanan. Di mana makanan tersebut tidak bisa dicerna dengan baik oleh sistem pencernaan Anda sehingga menyebabkan diare.

 

 

Cara Mengobati Diare Dengan Cepat

 

#1 Ganti Cairan Tubuh yang Terbuang

Untuk bisa mengobati diare Anda dengan cepat, ada cara-cara tertentu yang harus Anda lakukan. Anda harus mengonsumsi banyak cairan sebagai pengganti cairan tubuh yang hilang. Pada bayi, pemberian ASI tidak boleh dihentikan.

Oralit juga menjadi alternatif yang dianjurkan untuk diminum saat diare. Berbeda dengan air biasa, oralit mempunyai tingkat kelarutan yang baik sehingga mudah diserap di usus. Minumlah oralit agar kebutuhan cairan dan elektrolit Anda cepat terpenuhi.

Cara Membuat Oralit

 

Oralit ini sendiri dapat dengan mudah didapat dalam bentuk bungkusan sehingga tinggal diseduh dalam 1 gelas belimbing (200cc) ataupun dibuat secara sederhana. Cara pembuatan sederhananya yaitu :

  1. Pertama jangan lupa mencuci tangan dan pastikan menggunakan wadah yang bersih
  2. Masukkan 8 sendok teh gula pasirĀ dan setengah sendok the garam
  3. Masukkan 5 gelas belimbing (tiap gelas = 200 ml) air ke dalam wadah
  4. Aduk hingga rata dan minumlah secukupnya.

#2 Konsumsi Probiotik

Konsumsilah jenis minuman yang mengandung probiotik. Probiotik adalah sekumpulan bakteri sehat yang akan melawan bakteri jahat yang masuk ke sistem pencernaan Anda.

Jika memang kondisi Anda tidak memungkinkan lagi dan sudah lemas, segera datang ke rumah sakit atau klinik terdekat untuk mendapatkan obat dari dokter. Jangan berdiam diri saja.

 

Cara Menghindari Penyebab Diare

Nah, agar Anda tidak terkena diare atau mencret lagi, yang harus Anda lakukan, sebelum makan, pastikan kedua tangan Anda bersih serta perlengkapan makan Anda juga bersih.

#1 Biasakan mencuci tangan dengan sabun cair sebelum dan sesudah makan, sehabis dari toilet, atau setelah batuk dan bersin.

#2 Makanlah makanan yang telah dimasak sempurna. Hindari makanan mentah atau setengah matang.

#3 Hindarilah makanan yang menurut Anda intoleran terhadap pencernaan Anda. seperti makan makanan pedas ataupun berminyak.

#4 Minumlah air matang

#5 Menghindari peralatan makan yang sama apabila ada keluarga yang diare

#6 Simpan makanan di kulkas dan hindari makanan terlalu lama tertinggal dibawah paparan sinar matahari

 

Penyebab penyakit diare bisa dihindari oleh Anda jika memang Anda peduli akan kebersihan serta tidak mengkonsumsi makanan dan minuman secara sembarangan.

Jangan lupa share artikel ini agar bermanfaat juga untuk orang disekitar kita. .

 

Leave a Reply