Perbedaan Fungsi Otak Kiri dan Otak Kanan Manusia

Otak manusia adalah organ yang rumit. Didalamnya terdapat 100 milyar neuron. Otak kita dibagi menjadi 2 bagian atau hemisfer, yaitu hemisfer kanan dan hemisfer kiri. Kedua otak ini mungkin terlihat sama, tetapi mereka memiliki perbedaan besar dalam mengolah informasi dan mengendalikan tubuh.

Menurut mitosnya otak kiri manusia cenderung lebih pada proses analitik, berpikir dan proses hitung-menghitung.

 

Pada otak kanan konon cenderung lebih mengarah pada seni dan imajinasi. Disaat kita bermain gitar atau memainkan alat musik yang lain, otak kananlah yang mengambil alih semuanya.

Tetapi apakah benar begitu ?

Untuk tahu jawabannya simak artikel dari saya ini sampai habis…

 

Otak Kanan dan Otak KIri

 

 

Memahami Pola Seluk Beluk Otak

Pertama-tama kita akan membahas tentang impian

Anda ingin menjadi manusia yang seperti apa ? Bagaimana anda akan menjalani hidup ?

Kemauan anda untuk bermimpi merupakan poin penting dalam hidup. Ketika 2 orang hidup dalam lingkungan yang sama, akan da perbedaan kebahagiaan yang besar antara seseorang yang memiliki mimpi besar dan yang tidak memiliki mimpi. Bukan hanya dari ilmu filsafat, tetapi juga ilmu kedokteran pun juga mengatakan hal yang sama.

Perbedaan otak manusia dengan otak makhluk hidup yang lain yaitu pada otak manusia ada pembagian-pembagian tugas yang adil diantara fungsi otak kanan dan otak kiri. Otak manusia  terdapat 2 karakter yang berbeda, yang keduanya saling menyesuaikan diri dan menjaga hubungan seumur hidupnya.

Di suatu sisi, otak manusia memiliki perbedaan dengan makhluk lainnya. Akan tetapi otak manusia juga memiliki persamaan dengan makhluk yang lain.

Maka dari itu, kita perlu meninjau kembali struktur otak…

 

 

Otak manusia terdiri dari 3 struktur.

Bagian yang pertama disebut “otak reptil” atau “otak nenek moyang”. Pada otak reptil, gerakan manusia bergantung pada sistem “insting” untuk proses bertahan hidup. Contohnya adalah menangkap mangsa dan mempertahankan hidup.

Disaat mengetahui adanya mangsa, maka otak merespon dengan memberikan gerakan untuk menangkapnya. Pada saat melihat lawan jenis dan musim kawin, maka akan timbul sexual behavior. Ketika merasa menjadi mangsa, maka akan muncul inisiatif gerakan melarikan diri.

Semuanya itu adalah suatu gerakan…

…gerakan-gerakan itu muncul akibat suatu respons, tanpa melibatkan suatu perasaan ataupun hati.

Hal itu merupakan kebutuhan untuk bertahan hidup.

Hewan reptil serupa dengan amuba bersel 1. Jika ada sesuatu datang maka akan diserap masuk, serta apabila tidak dapat dicerna maka akan refleks dikeluarkan. Semuanya berpusat pada diri sendiri. Otak reptil inilah asal muasal otak manusia.

 

 

Struktur selanjutnya dalam otak ialah Limbic system. Otak ini memiliki kesamaan struktur dengan otak anjing-kucing. Dari otak reptil menjadi otak anjing-kucing terdapat suatu tambahan yaitu perasaan suka atau tidak suka. Dalam bahasa manusia hal ini disebut dengan ekspresi perasaan atau emosional.

Sumber emosi manusia muncul pada bagian otak ini. Pada tingkatan inilah emosi mulai muncul sama seperti hewan anjing maupun kucing.

Hewan-hewan ini dapat merasakan suka, frustasi dan kebahagiaan…

…bahkan diantara mereka dapat merasa cemburu.

Mereka dapat merasasuka atau tidak suka pada makanan tertentu atau pada hewan lainnya.

 

Struktur yang ketiga adalah cerebral neocortex. Bagian ini adalah bagian otak mamalia yang baru. Dibanding dengan struktur mamalia lainnya, otak manusia memiliki struktur yang abnormal atau bisa disebut luar biasa.

Otak manusia ini memiliki dua bagian yaitu belahan kiri dan belahan kanan. bagian ini yang sering disebut bagian otak kiri dan kanan. Otak kanan dan kiri terus menerus terhubung untuk menghasilkan funsi otak yang lebih tinggi.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, otak kanan dan kiri ini memiliki peranan yang berbeda. Lanjutkan membaca artikel ini untuk mempelajari perbedaan peranan pada kedua otak ini…

 

 

Perbedaan Fungsi Otak Kanan dan Otak Kiri pada Manusia

Otak kiri manusa mengontrol otot-otot tubuh sebelah kanan, sedangkan otak kanan mengontrol tubuh sebelah kiri. Sebagai contoh, ketika anda menggerakan tangan kanan, maka otak kirilah yang bekerja. Karena koneksi yang menyilang inilah ketika terjadi kerusakan otak pada suatu sisi maka mempengaruhi bagian tubuh yang berlawanan.

 

Otak kanan dan kiri memiliki fungsi yang berbeda. Temuan dipaparkan pada tahun 1960an oleh seorang psychobiologist, Roger W. Sperry. Berdasarkan temuan Sperry, otak kiri berfungsi dalam hal-hal yang berhubungan dengan logika, rasio, kemampuan menulis dan membaca, fakta, pemikiran suatu kata serta merupakan pusat matematika. Beberapa pakar menyebutkan bahwa otak kiri merupakan pusat Intelligence Quotient (IQ).

Sementara itu otak kanan berfungsi dalam perkembangan Emotional Quotient (EQ). Misalnya sosialisasi, komunikasi, interaksi dengan manusia lain serta pengendalian emosi. Pada otak kanan ini pula terletak kemampuan intuitif, kemampuan merasakan, memadukan, dan ekspresi tubuh, seperti menyanyi, menari, melukis dan segala jenis kegiatan kreatif lainnya. Otak kanan juga berperan dalam memproses musik dan seni.

 

Kita tahu dua sisi otak kita memiliki peran yang berbeda, tetapi apakah hal tersebut menunjukkan manusia memiliki otak yang dominan salah satu sisi sama halnya dengan dominan tangan ?

 

Sebuah team neuroscientist menguji coba hal ini. Selama 2 tahun, mereka tidak menemukan bukti tersebut. Hasil MRI dari 1000 orang tidak menunjukkan bukti bahwa satu sisi lebih kuat daripada sisi lainnya. Kedia sisi hemisfer otak manusia terhubung dengan jembatan yang bernama corpus callosum.

Walaupun fungsi otak berbeda, mereka bekerja bersama dan saling melengkapi. Ketika anda mengolah suatu fungsi logika dan kreatifitas, anda memproses input ke kedua hemisfer otak. Suatu contoh, otak kiri memproses bahasa, otak kanan akan membantu memahami konteks dan tone. Otak kiri memproses kalkulasi matematika, otak kanan membantu dengan perbandingan dan perkiraan kasarnya.

Kedua sisi otak memang memiliki peran yang berbeda, dan beberapa area memiliki fungsi khusus yang berbeda juga. Idealnya, otak kiri dan kanan haruslah digunakan secara seimbang.

 

Referensi :

www.healthline.com

Jared A Nielsen.2013. An Evaluation of the Left-Brain vs. Right-Brain Hypothesis with Resting State Functional Connectivity Magnetic Resonance Imaging.Journals PLOS One.

 

Leave a Reply