Diet: 10 Makanan dan Buah untuk Penurun Darah Tinggi yang Terbaik

Hipertensi, atau yang sering kita kenal sebagai penyakit tekanan darah tinggi, mengacu pada tekanan darah terhadap dinding arteri anda. Seiring waktu, tekanan darah tinggi dapat menyebabkan kerusakan pembuluh darah yang mengarah ke penyakit jantung, penyakit stroke, dan masalah lainnya.

Jangan khawatir . . .

Mengapa saya katakan untuk tidak perlu khawatir ? Karena cukup dengan pola hidup baik, benar, dan sehat, maka semua penyakit tidak akan pernah menghinggapi kita. Dengan melakukan cara menurunkan tekanan darah tinggi yang benar, maka seseorang dapat terhindar dari komplikasi.

Karena itulah pengetahuan tentang diet makanan untuk menurunkan tekanan darah tinggi sangatlah diperlukan. Tidak sedikit kasus pada penderita hipertensi cenderung cuek dan tidak mau tahu pada pola diet makanan untuk penyakit ini. “Yang penting mengurangi makan asin-asin”, kata mereka.

. . . Padahal banyak sekali makanan di alam yang dapat membantu untuk mengurangi tekanan darah penderita hipertensi, seperti sayur-sayuran dan buah-buahan.

Darah tinggi memang momok, namun ketika semua sudah terjadi maka selanjutnya adalah tidak perlu disesali, namun perlu adanya solusi diri guna situasi dan kondisi dapat pulih kembali.

Jika anda termasuk salah satu orang yang memiliki tekanan darah diatas standar tekanan darah, maka tidak ada salahnya melakukan diet yang mudah, sehat, dan benar melalui makanan dan buah-buahan. Berikut adalah beberapa makanan penurun darah tinggi beserta minuman yang baik untuk penderita darah tinggi dan juga orang sehat.

 

10 Makanan yang Membantu Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Makanan Penurun Darah Tinggi

1# Cokelat.

Mengandung nutrisi yang disebut flavonoid pada cokelat hitam, salah satu pembantu dalam menurunkan tekanan darah tinggi. Mengkonsumsi  jenis makanan ini, yang tentunya cokelat hitam asli, dimana dalam flavonoid terdapat pembentukan nitrat oksida. Zat ini bermanfaat melebarkan pembuluh darah, sehingga melancarkan alirannya.

Semakin tinggi kadar cokelat hitam diatas 70 persen, semakin baik dalam membantu menurunkan darah tinggi.

Sebuah penelitian tahun 2015 menemukan bahwa makan coklat hitam berhubungan dengan risiko yang lebih rendah untuk penyakit kardiovaskular. Studi ini menunjukkan bahwa hingga 100 gram per hari dari cokelat hitam dapat menurunkan  risiko penyakit jantung.

 

2# Kacang Lima

Kandungan kalium dalam kacang lima yang berasal dari Peru Amerika Latin ini juga dapat dijadikan makanan penurun darah tinggi. Disamping itu, kacang lima juga mengandung serat serta protein yang jelas saja baik bagi penderita hipertensi. Anda bisa mengonsumsi kacang lima dengan metode merebusnya,  bisa juga dengan langsung memakannya atau mencampurkannya dengan sayuran lain.

 

3# Ikan Salmon

Ikan ? ? Bukannya makanan yang asin dilarang ?

Tidak semua ikan dilarang. Ikan salmon adalah pengecualian utama untuk aturan itu. Salmon mengandung asam lemak omega-3 yang sehat untuk jantung, yang dapat membantu mengurangi peradangan, menurunkan risiko penyakit jantung, dan membuat tekanan darah Anda menjadi sehat.

Penelitian yang diterbitkan dalam edisi Juni 2012 dari British Journal of Nutrition mengungkapkan bahwa suplementasi omega-3 mengurangi tekanan darah di antara pasien yang lebih tua dan mereka dengan hipertensi, membuat ikan kaya protein yang lezat ini harus dimakan bagi siapa saja yang tekanan darahnya mulai meningkat.

 

4# Oatmeal

Mengandung rendah natrium, rendah lemak, dan tinggi serat. Sebagai produk olahan dari gandum yang diyakini amat baik menutrisi badan ketika diet, oatmeal nyatanya juga menutrisi baik tubuh yang mengalami tekanan darah tinggi.

Oatmeal juga baik buat kebugaran jantung serta melancarkan proses peredaran darah pada tubuh.

 

5# Kentang

Satu kentang ukuran sedang dengan kulit menyediakan 4% kalsium, 8% magnesium (7% tanpa kulit), dan 15% potasium (10% tanpa kulit) yang Anda butuhkan setiap hari.Tinggi kalium dan magnesium yang terdapat pada kentang membantu mempercepat penurunan tekanan darah tinggi.

 

6# Plain Yogurt Bebas Lemak.

Hasil produk dari susu mengandung kalsium yang dibutuhkan tubuh. Satu cup plain yogurt bebas lemak menyediakan 49% kalsium, 12% magnesium, dan 18% dari potasium yang Anda butuhkan setiap hari. Kandungan natrium rendah, probiotik dalam yogurt bermanfaat dalam menurunkan tekanan.

 

7# Bawang putih

Satu penelitian membuktikan bahwa bawang putih dapat membantu mengurangi hipertensi dengan meningkatkan jumlah nitrat oksida dalam tubuh. Nitrat oksida membantu meningkatkan vasodilatasi atau pelebaran arteri, sehingga dapat mengurangi tekanan darah.

Memasukkan rempah-rempah beraroma  ke dalam masakan harian anda juga dapat membantu  mengurangi asupan garam dapur.

 

8# Minyak Zaitun

Minyak zaitun adalah contoh lemak yang sehat. Minyak ini mengandung polifenol, senyawa anti peradangan yang dapat membantu mengurangi tekanan darah. Minyak zaitun dapat membantu Anda memenuhi dua hingga tiga porsi harian lemak Anda sebagai bagian dari diet DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension) .

 

9# Kacang Pistachio

Pistachio adalah kacang sehat yang dapat menurunkan hipertensi.
Kacang pistachio kini sudah cukup populer dan dikenal masyarakat Indonesia. Pistachio berasal dari biji buah Pistacia Vera yang banyak tumbuh di daerah Timur Tengah, Persia, dan Iran. Beberapa orang juga menyebutnya kacang arab.

Satu penelitian melaporkan bahwa memasukkan kacang pistachio dalam diet rendah lemak dapat mengurangi tekanan darah selama masa stres. Ini mungkin dikarenakan senyawa di dalam kacang mengurangi ketatnya pembuluh darah pada tubuh.

 

10# Konsumsi Sayuran Hijau.

Kalium membantu ginjal Anda menyingkirkan lebih banyak natrium melalui urin Anda. Hal ini mengakibatkan menurunkan tekanan darah Anda.

Sayuran hijau yang mengandung kalium tinggi, antara lain:

  • Kubis
  • Lobak hijau
  • Sawi
  • Bayam
  • Brokoli

Sayuran di atas adalah solusi tradisional yang mudah dan murah untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

 

Selain makanan yang telah disebutkan diatas, penderita juga bisa menkonsumsi buah-buahan sebagai bahan diet.

Berikut buah penurun darah tinggi yang efektif . . .

 

10 Buah yang Efektif sebagai Penurun Tekanan Darah Tinggi

Diet Buah Penurun Darah Tinggi

1# Pisang.

Mungkin anda terkejut mendengarnya. Ya, buah pisang selain murah juga mudah ditemukan di mana-mana. Banyak jenisnya sesuai dengan selera dan harganya terjangkau. Mengandung kalium tinggi, menyeimbangkan natrium dalam darah yang tinggi. Sehingga menurunkan tekanan darah tinggi. Buah ini dapat dikonsumsi sendiri atau bersamaan dengan plain yogurt.

 

2# Berry

Buah yang termasuk golongan berry yaitu seperti blueberry, strawberry, raspberry, dan berry lainnya. Khususnya blueberry, mengandung senyawa flavonoid, sebagai pencegah darah tinggi.

 

3# Buah Bit

Tidak begitu dikenal di Indonesia, serupa dengan umbi. Namun sekarang cukup dikenal karena budidaya lokal yang selalu ingin mengenalkan buah ini, karena manfaatnya yang besar.

Beetroot kaya akan nitrat. Nitrat membantu mengendurkan pembuluh darah dan memperbaiki aliran darah. Jus bit dipercaya menurunkan tekanan darah sistolik hanya dalam beberapa jam.

Sebagai penurun tekanan darah alami, dapat dijadikan jus, ataupun di masak dengan cara dikukus.

 

4# Melon.

Mengandung beberapa unsur yaitu vitamin A, ada vitamin C, ada thiamine, juga kalium. Juga sumber magnesium, sumber asam folat, dan vitamin B6.

 

5# Semangka.

Siapa yang tidak mengenal buah satu ini, segar, manis, dan ada juga varietas unggulan tanpa biji, ternyata baik untuk penurun darah tinggi. Di dalam satu semangka mengandung L-citrulline, zat ini merileksasi pembuluh darah sehingga tekanan dapat normal kembali.

 

6# Alpukat.

Walau tidak semua orang suka, namun masih banyak yang menggemari buah ini, dalam buah ini mengandung 1 % Kalsium, 5 % Magnesium, 10 % Kalium. Ketiganya kita perlukan setiap hari. Selain itu alpukat juga mengandung mineral yang dibutuhkan tubuh.

Menikmati alpukat setiap hari dapat meningkatkan kolesterol HDL  baik’ sebanyak 11% hanya dalam waktu satu minggu. Hal ini dapat membantu mengurangi risiko serangan jantung secara signifikan.

 

7# Kiwi.

Buah dengan ukuran sedang ini memberi manfaat yang besar sekali, yaitu 2%  K, 7% Mg, dan 9%.  Buah ini Juga mengandung vitamin C selain itu juga mengandung antioksidan guna membantu menstabilkan tekanan darah.

 

8# Jeruk.

Manis, segar, sedikit masam, namun sangat banyak penyuka buah ini. Diapain aja asik buah ini. Banyak khasiat, salah satunya penurun darah tinggi. Vitamin C yang besar dalam setiap buahnya, yaitu 326mg K. banyak jenis jeruk, dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan penderita.

 

9# Anggur

Mahal, sedikit asam, manis pun jadilah. Anggur, terutama yang memiliki kulit merah atau hitam gelap, memberikan polifenol antioksidan plus kalium dan magnesium yang memiliki efek penurun tekanan darah. Khasiat sebagai penurun darah tinggi telah diuji laboratorium. Anggur juga menyuplai 5% kebutuhan harian akan kalium.

Selain itu buah ini juga membantu menurunkan kadar kolesterol tubuh .

 

10# Apel

Apel adalah salah satu sumber makanan yang kaya flavonoid dan antioksidan. Sangat penting untuk memakan kulitnya karena mengandung antioksidan dengan mekanisme penurun tekanan darah antihipertensi yang mirip dengan obat ACE inhibitor.

Catatan tambahan : untuk buah, jangan mengonsumsi buah durian, buah kering, buah kaleng dan yang diawetkan. Baca juga artikel : Cara menurunkan tekanan darah tinggi agar tahu mengapa buah kaleng dan yang diawetkan dilarang pada penderita darah tinggi.

 

 

Hidup sehat, bersih, dan benar adalah solusi terbaik untuk mencegah segala penyakit. Dengan cara itulah kita akan semakin memperbaiki kualitas hidup kita.

 

. . . Sekian artikel tentang makanan dan buah untuk menurunkan darah tinggi.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda dan keluarga anda yang mungkin mengidap penyakit hipertensi.

Silahkan share artikel agar lebih bermanfaat untuk orang lain. . .

Stay healthy . . .

 

Leave a Reply