Apa Saja Sih Gejala Demam Berdarah dan Cara Pengobatannya ?

Demam berdarah adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh virus yang disebarkan oleh nyamuk. Virus ini dapat menyebabkan demam, sakit kepala, ruam, dan rasa sakit di seluruh tubuh. Sebagian besar kasus demam berdarah ringan dan hilang dengan sendirinya setelah sekitar satu minggu.

Nah, Sebelum kita membahas gejala demam berdarah, mari kita bahas terlebih dahulu penyebab demam berdarah di blog anggadewantara.com ini.

Simak sampai habis ya gaees . .

 

 

Apa Penyebab Demam Berdarah?

 

Demam berdarah disebabkan oleh empat virus serupa yang disebarkan oleh nyamuk dari genus Aedes, yaitu spesies Aedes aegypti dan terkadang Aedes albopictus yang umumnya di daerah tropis dan subtropis di seluruh dunia. Nyamuk ini dapat hidup di temperatur yang dingin, sehingga memungkinkan menyebar ke daerah iklim yang lebih dingin.

nyamuk

Aedes aegypti

Ketika nyamuk Aedes menggigit seseorang yang telah terinfeksi virus dengue, nyamuk tersebut dapat menjadi pembawa virus. Virus Dengue terdiri dari empat tipe, yaitu DEN 1, DEN 2, DEN 3, dan DEN 4.

Jika nyamuk ini menggigit orang lain, orang itu dapat terinfeksi demam berdarah. Virus tidak dapat menyebar langsung dari orang ke orang.

 

Apa Tanda & Gejala Demam Berdarah?

Gejala demam berdarah umumnya ringan pada anak-anak muda dan mereka yang memiliki penyakit ini untuk pertama kalinya. Gejala demam berdarah pada orang dewasa, anak-anak yang lebih tua dan mereka yang pernah mengalami infeksi sebelumnya mungkin memiliki gejala sedang hingga berat.

demam tinggi

Tanda dan gejala umum demam berdarah meliputi:

  • Demam tinggi, bisa mungkin diatas 40 ° C
  • Rasa sakit di belakang mata dan di persendian, otot dan / atau tulang
  • Sakit kepala
  • Ruam pada sebagian besar kulit
  • Perdarahan ringan dari hidung atau gusi
  • Menstruasi berat
  • Buang air besar bercampur darah
  • Mudah memar

 

Menurut pedoman Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), salah satu gejala berikut adalah tanda-tanda peringatan yang mungkin menandakan perkembangan demam berdarah yang parah, sering disebut demam berdarah dengue (DBD):

  • Nyeri perut atau nyeri tekan
  • Muntah yang persisten
  • Lemas lesu atau gelisah
  • Pendarahan mukosa, seperti pendarahan gusi atau mimisan
  • Pembesaran hati/liver
  • Akumulasi cairan di paru-paru atau perut (ditunjukkan oleh rontgen atau USG)

 

 

Pengobatan Demam Berdarah

 

Tidak ada pengobatan antivirus khusus yang tersedia. Pengobatan demam berdarah bersifat simptomatis yaitu meredakan gejala dan mencegah perburukan komplikasi demam berdarah.

Pasien biasanya dianjurkan oleh tenaga medis sebagai berikut:

  • Istirahat cukup dan minum banyak cairan
  • Pengendalikan demam dan nyeri dengan parasetamol. Hindari pengobatan antiinflamasi nonsteroid, karena mampu memperburuk perdarahan.

Apabila dibutuhkan, biasanya pasien diberi tambahan asupan cairan melalui infus. Pemberian cairan infus dilakukan untuk mencegah terjadinya syok (penurunan tekanan darah drastis). Pemberian cairan sembari dilakukan dengan pemantauan denyut nadi, tekanan darah, dan jumlah urin yang dikeluarkan oleh tubuh. Tenaga medis dan dokter senantiasa selalu mengawasi tekanan darah agar tidak drop.

Baca juga : Standar tekanan darah Normal

 

Makanan Untuk Mempercepat Penyembuhan Demam Berdarah

Virus demam berdarah terutama mempengaruhi sistem produksi produksi trombosit. Jumlah trombosit untuk orang normal bervariasi dari 150.000 hingga 250.000 per unit volume. Pada saat terinfeksi, jumlah trombosit pasien mulai menurun.

Secara singkat, jumlah trombosit yang rendah berarti bahwa tubuh tidak membangun trombosit secepat yang dibutuhkan. Banyak faktor yang dapat memengaruhi jumlah trombosit seseorang, seperti makanan, olahraga, asal ras, dan penyakit.

 

Selain pengobatan dari dokter atau tenaga medis, ada beberapa makanan atau suplemen yang membantu mempercepat penyembuhannya

Vitamin C

Vitamin C adalah sumber nutrisi yang penyting yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Vitamin C juga mampu melindungi sel-sel-tubuh dan membantu menyembuhkan flu biasa. Terdapat teori bahwa vitamin C bersifat anti virus. Meskipun demikian, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan hal tersebut.

 

Jambu Biji

jambu biji

Jambu biji adalah buah yang dikenal banyak mengandung vitamin C. Banyak orang belum tahu bahwa kadar vitamin C dalam jambu biji lebih tinggi 4 kali daripada buah jeruk.

Berdasarkan Journal of Natural Medicine, jambu biji mampu merangsang pembentukan platelet atau trombosit baru. Kandungan Quercetin dapat menghambat pembentukan mRNA virus yang merupakan sumber materi genetik untuk kelangsungan hidup virus. Jika mRNA terhambat, maka perkembangan virus juga akan melambat.

Jadi jangan heran apabila minum jus jambu biji atau mengonsumsinya secara utuh dapat mempercepat pemulihan demam berdarah.

 

Salam sehat. . .

 

 

 

 

 

Leave a Reply