Apa Manfaat dan Fungsi Mendengarkan Musik Pada Otak Anda ?

Mendengarkan musik adalah kebutuhan banyak orang. Musik saat ini telah memiliki beberapa genre. Dan pastinya, setiap jenis musik memberikan efek dan pengaruh yang berbeda pada otak manusia.

Musik telah memainkan bagian penting dari setiap kebudayaan manusia, dari dulu sampai zaman now.  Masyarakat di seluruh dunia menanggapi musik dengan cara universal.

Dan sekarang, kemajuan dalam ilmu saraf memungkinkan peneliti untuk mengukur secara kuantitatif bagaimana musik mempengaruhi otak. Ketertarikan pada efek musik pada otak telah menyebabkan cabang baru penelitian yang disebut neuromusicology yang mengeksplorasi bagaimana sistem saraf bereaksi terhadap musik. Buktinya musik mampu mengaktivasi setiap bagian otak.

Mendengarkan dan memainkan musik dapat membuat Anda lebih pintar, lebih bahagia, lebih sehat, dan lebih produktif di semua tahapan kehidupan. Bersama saya, mari kita lihat lebih dekat beberapa temuan terbaru tentang cara bermain dan mendengarkan musik dapat meningkatkan bentuk dan fungsi otak Anda. .

 

Penjelasan Manfaat dan Fungsi Musik Ke Otak Manusia

Musik telah menjadi bagian penting dalam masyarakat sejak jaman dahulu. Sesuatu yang penting untuk dipelajari bahwa musik berevolusi sebagai wadah untuk berekspresi, dan karenanya mencerminkan aspek social, ekonomi, agama, lingkungan. Tidak hanya itu, musik mampu mempengaruhi sistem psikologis pada manusia.

Baca juga : Efek musik pada psikologis manusia

Melalui proses ini, musik memiliki efek besar dalam mempengaruhi otak.

 

#1 Musik berpengaruh pada memori otak dan meningkatkan IQ

pengaruh musik pada kecerdasan

Musik dapat memfasilitasi dalam proses pembelajaran. Inilah yang menjadi penyebab musik menjadi bagian integral dan kurikulum sekolah. Siswa dapat mudah mempelajari sesuatu dalam bentuk lagu.

Dengan ini, musik dapat meningkatkan memori seseorang. Hal ini cocok untuk anda yang memiliki profil pelupa. . .

Menaruh handphone lupaa. . . Menaruh kunci juga lupa. . . Tapi jangan sampai anda lupa pakai baju lhoo. . Hehe

Nah untuk itu, anda bisa belajar musik untuk meningkatkan memori anda.

Ambil suatu contoh saat bermain piano dan bernyanyi, kita tidak hanya meningkatkan kemampuan dalam bermusik tetapi juga kemampuan visual dan verbal. Pada suatu penelitian yang diambil dari usia 8 sampai 11 tahun menemukan bahwa mereka yang memiliki kelas musik ekstra kurikuler, mampu mengembangkan IQ verbal yang lebih tinggi dan kemampuan visual, dibandingkan dengan mereka yang tidak memiliki pelatihan musik menurut penelitian Forgeard.

Hal ini menunjukkan manfaat belajar instrumen yang tidak hanya murni bersifat musikal, tetapi juga meluas ke kognisi dan persepsi visual.

 

 

#2 Musik mampu membuat pikiran menjadi rileks dan membuat anda bahagia

fungsi musik pada kebahagiaan

Mendengarkan musik dapat menenangkan seseorang. Ketika seseorang mengalami depresi ataupun kecemasan, mendengarkan musik dapat membantu menghilangkan stres.

Orang yang mengalami kecemasan sepanjang hari dapat lebih tenang, ketika mendengarkan musik yang sesuai.

Pengaruh musik  ibarat seperti menyemprotkan air pada pasir yang berdebu dan panas.

 

 

#3 Musik dapat meningkatkan mood

manfaat musik terhadap mood

Musik dapat meningkatkan mood seseorang. Musik dapat menjadi energi bagi orang yang kelelahan maupun kesusahan. Suatu contoh musik dalam klub malam dapat mempengaruhi mood anda.

Musik bisa menenangkan anda, tetapi adakalanya musik memberikan efek sebaliknya….

…..bahkan menjadi sangat Liar

Atau pernahkah kamu merinding saat mendengar musik ? Menurut sebuah riset oleh Nusbaum dan Silvia, lebih dari 90% dari kita pernah merasakannya.

Betapa kuatnya pengaruh musik, tergantung pada jenis kepribadian Anda. Ada beberapa teori kepribadian, mari kita ambil suatu contoh teori kepribadian yaitu dari sifat kepribadian lima besar (big five personality). Salah satu kepribadian yang disebut ‘keterbukaan terhadap pengalaman’, cenderung yang paling merinding saat mendengarkan musik.

 

 

#4 Mendengarkan musik meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta menyehatkan jantung

Fungsi Musik pada Kesehatan

Ketukan musik dapat meningkatkan sistem kekebalan anda. Hipnosis yang disebabkan ketukan musik dapat mengirimkan otak anda masuk ke kondisi alfa, dimana endorphin dilepaskan.

Jadi, musik yang menenangkan adalah salah satu cara untuk meningkatkan respon kekebalan anda.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bermusik juga mampu membantu mengatasi stres dan kecemasan. Stres ini sering terkait dengan orang yang menjalani perawatan untuk penyakit jantung koroner. Sebuah tinjauan klinis dari 23 penelitian yang mencakup hampir 1.500 orang menunjukkan bahwa mendengarkan musik mengurangi kecepatan denyut jantung. Selain itu juga menstabilkan tekanan darah dan kecemasan pada pasien penyakit jantung.

 

#5 Musik mempengaruhi spiritualitas seseorang

Fungsi Musik Pada Spiritualitas

Musik dapat menjadi suatu metode dan hal yang penting dalam suatu agama dan spiritual. Perhatikan pada orang yang hidup pada jaman dahulu, banyak sekali doa yang dilagukan. Selain itu mereka mengiringi doa dengan menggunakan alat musik. Sampai saat ini, beberapa orang mendengarkan musik spiritual dapat menghubungkan mereka pada suatu kekuatan yang lebih tinggi.

 

 

Musik dapat menjadi suatu controller suasana hati anda. Suatu contoh, jika anda sedang marah, maka anda dapat mendengarkan musik yang bertempo lambat untuk menenangkan anda. Musik dapat membuat anda mencapai tujuan anda. Dengan mendengarkan musik kita dapat membuat diri kita mencapai kualitas hidup lebih baik.

Leave a Reply