Fungsi Ginjal Manusia dan Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Ginjal adalah salah satu organ vital dalam tubuh. Setiap individu memiliki sepasang ginjal di dalam tubuhnya, yaitu ginjal kiri dan kanan. Organ ini berada di sepanjang dinding otot belakang rongga perut.

Organ ginjal memiliki besar seperti kepalan tangan atau sekitar 10-12 cm. Walaupun kecil, organ ini memiliki fungsi yang sangat penting bagi tubuh. Dilansir dari detik.com, begitu berharganya organ ini bahkan ginjal ini bisa ditawar mencapai 2,4 milyar Rupiah.

…..ternyata mahal juga ya.

Sebagai organ penting, ginjal berperan untuk menyaring zat-zat buangan dalam tubuh seperti sisa-sisa dari makanan, obat-obatan maupun zat-zat yang dianggap racun.

Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga kesehatan organ ginjal. Nah, lanjutkan membaca sampai selesai ya, gaeess. .

 

Peran dan Fungsi Ginjal Bagi Tubuh

ginjal

Sedikitnya ginjal manusia menyaring 200 liter darah setiap harinya dan 2 liter diantaranya berupa zat buangan. Zat-zat “sampah” dari makanan, obat-obatan dan zat toksik lainnya akan dikeluarkan melalui urine.

Selain ginjal, saluran kencing manusia dilengkapi dengan sepasang ureter, kandung kemih dan uretra untuk mengeluarkan urine. Sehingga jika organ ginjal mengalami gangguan, maka akan berdampak pada saluran kencing.

Selain berperan sebagai penyaringan zat-zat sisa, ginjal adalah organ yang juga bermanfaat untuk menyerap kembali zat-zat penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Zat-zat penting tersebut seperti gula, natrium, kalium dan nutrisi-nutrisi lainnya.

 

Fungsi ginjal ini bekerja karena adanya pengaruh kelenjar adrenal yang ada pada organ ginjal. Kalenjar tersebut menghasilkan hormon aldosteron yang berperan untuk menyerap natrium ke pembuluh darah untuk dimanfaatkan kembali oleh tubuh.

Tak hanya itu saja, ginjal juga bertugas menghasilkan hormon-hormon penting seperti EPO (Eritropoietin) yang merupakan hormon perangsang sumsum tulang dalam memproduksi sel darah merah.

Tugas ginjal yang lain yaitu juga menghasilkan hormon Renin sebagai pengatur tekanan darah dan hormon Kalsitriol sebagai bentuk aktif dari vitamin D untuk menjaga kesehatan tulang.

 

 

Gejala Gangguan Ginjal

Apabila terjadi gangguan pada fungsi ginjal, maka dapat menyebabkan berbagai gejala. Beberapa gejala yang umumnya dapat muncul yaitu:

  1. sulit tidur
  2. kelelahan
  3. kulit kering, gatal
  4. peningkatan atau penurunan buang air kecil
  5. darah dalam urin
  6. urin berbusa
  7. bengkak di sekitar mata
  8. kaki atau pergelangan kaki bengkak
  9. nafsu makan berkurang

 

Jika Anda merasakan salah satu dari gejala ini, segera hubungi tenaga medis. Tergantung dari gejala yang anda derita, dokter mungkin akan melakukan beberapa tes untuk menegakkan diagnosis.

 

Penyakit yang Bisa Berakibat Pada Gangguan Fungsi Ginjal

Tidak menjaga kesehatan ginjal akan berakibat pada fungsi ginjal yang terganggu. Terganggunya ginjal dapat menjadi pemicu penyakit yang lebih serius.

Berikut beberapa penyakit yang menyebabkan gangguan pada ginjal:

  • Gagal Ginjal Akut

Penyakit ini merupakan kondisi dimana ketika ginjal tidak mampu lagi menyaring zat-zat sisa dari darah. Apabila sudah berada pada kondisi yang kronis, penyakit ini bisa merenggut nyawa penderitanya.

  • Batu Ginjal

batu ginjalSuatu kondisi ketika ada kristal-kristal di dalam organ ginjal. Masyarakat lebih mengenalnya sebagai kencing batu. Penyakit ini ditandai dengan gejala munculnya bercak darah atau serpihan-serpihan kecil pada urin.

  • Nefritis Akut

Penyakit ini disebabkan karena ada peradangan pada nefron ginjal. Gejalanya meliputi demam, hipertensi, nyeri punggung, muntah dan gangguan pada kencing. Pada kondisi terburuk, penyakit ini menyebabkan penderitanya mengalami kencing darah.

  • Glomerulonefritis

Sejenis penyakit yang disebabkan karena adanya peradangan pada glomerulus yang berperan menyaring darah. Seperti gangguan ginjal yang lain, penyakit ini juga ditandai dengan kencing darah. Pada kondisi terburuk akan menyebabkan gagal ginjal.

  • Infeksi Saluran Kencing

Jika terjadi infeksi pada uretra, akan menyebabkan penderitanya mengalami infeksi saluran kencing. Ditandai dengan demam tinggi, nyeri ketika kencing dan peningkatan frekuensi kencing.

 

 

Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Ginjal?

 

Ginjal manusia merupakan organ yang sangat penting sehingga perlu dijaga agar tidak menurunkan fungsinya. Apalagi gangguan pada ginjal juga dapat menyebabkan komplikasi dengan penyakit lain.

Berikut beberapa cara sehat untuk menjaga kesehatan ginjal:

  • Menghindari makanan asin atau bergaram tinggi

Mengkonsumsi banyak makanan asin dapat mengganggu keseimbangan mineral dalam darah. Ini dapat mempersulit ginjal untuk bekerja dengan baik. Cobalah mengurangi makanan olahan yang biasanya mengandung banyak garam.

  • Olahraga secara rutin

Tekanan darah tinggi diketahui sebagai faktor risiko penyakit ginjal kronis. Dengan berolahraga teratur bahkan hanya 20 menit sehari, dapat membantu mengurangi tekanan darah.

  • Memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan memperbanyak minum air putih.

Minum banyak air membantu ginjal melakukan salah satu fungsi terpentingnya: membuang racun.

  • Perhatikan obat-obat yang sedang dikonsumsi, bisa jadi merusak ginjal

Kebiasaan mengonsumsi obat-obatan anti nyeri seperti NSAID dalam jangka panjang dapat berpotensi merusak ginjal. Konsultasikan dengan dokter jika anda ingin mengurangi rasa nyeri pada tubuh seperti pada penyakit rematik.

  • Jangan pernah menahan keinginan untuk kencing

Kebiasan menahan kencing dapat mengakibatkan konsekusensi seperti infeksi saluran kencing. Seiring berjalannya waktu, hal ini bisa menyebar ke ginjal yang bahkan dapat mengakibatkan gagal ginjal.

 

Jadi, dengan mengetahui fungsi dari ginjal manusia dan beberapa risiko yang mungkin terjadi, diharapkan dapat meningkatkan upaya kita untuk menjaga ginjal agar tetap sehat.

Leave a Reply